Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW S1000RR 2023 bakal lebih Canggih dan Modern

BMW S1000RR 2023
Foto: via BikeSocial.com — BMW S1000RR versi saat ini

Bimmer.ID — BMW dikabarkan bakal meremajakan teknologi serta kapabilitas S1000RR pada tahun 2023 mendatang, mengingat tak terasa 4 tahun sudah sejak superbike itu dirilis ke publik. Seperti apa kecanggihan BMW S1000RR 2023 tersebut?

Pabrikan yang bermarkas di Munich, Jerman, itu pertama kali memperkenalkan S1000RR pada 2019. Motor itu memiliki sistem unik –dan satu-satunya di kelasnya– yakni ShiftCam variable valve timing and lift system.

Dengan demikian, BMW beranggapan sudah waktunya untuk meremajakan kemampuan superbike tersebut agar lebih kompetitif. Update terbaru ini dalam proses final dan bakal diungkap dalam waktu dua bulan mendatang.

Dikutip dari laman Bike Social, Selasa (6/9/2022), meski BMW belum merilis pernyataan resmi terkait perubahan baru untuk S1000RR tahun 2023, namun media yang berbasis di Inggris itu mengaku telah melihat langsung dokumen yang berisikan perubahan signifikan dari superbike tersebut.

Menurut Bike Social, perubahan paling utama ada di sektor sasis dan penambahan tenaga mesin yang diambil dari motor homologasi, yakni BMW M1000RR, superbike BMW dengan kasta tertinggi.

Di sektor mesin, S1000RR terbaru nantinya akan memiliki tenaga 2,5 HP lebih besar dibanding generasi sebelumnya yakni 206,5 HP. Tambahan tenaga itu akan didapat di putaran mesin tinggi, mulai dari 13,500 RPM hingga 13,750 RPM.

Mesin BMW S1000RR
Foto: via BikeSocial.com

Tak banyak perubahan visual

Sementara, bentuk dan desain BMW S1000RR keluaran tahun 2023 itu tidak banyak berubah. Knalpot, dimensi panjang, lebar, dan ketinggian body masih sama dengan tipe terdahulu.

Namun banyak yang berharap jika S1000RR terbaru nantinya bakal memiliki winglet layaknya M1000RR, sirip yang mampu memberikan downforce 16,3 Kg.

Akan tetapi, satu hal baru dari M1000RR yang dipastikan bakal ada di S1000RR adalah wheelbase-nya yang bertambah 16mm, menjadi 1.457mm

Panjang sumbu roda itu dilakukan untuk mengakomodir rantai yang lebih panjang dan sproket besar model baru guna meningkatkan akselerasi

Kecepatan puncak berkurang

Namun demikian, meski tenaga dan akselerasinya bertambah, namun kecepatan puncaknya menurun dari 305 km/jam menjadi 302 km/jam berkat rasio final drive-nya yang lebih pendek.

Untuk bobot tidak ada perubahan, berat kotor tetap di angka 197 kg. Satu hal lagi yang masih belum jelas adalah sektor kaki-kaki. Apakah S1000RR bakal mendapatkan suspensi dan rem terbaru masih belum diketahui. (Aldion/Bike Social UK)

Baca juga: BMW R18, Cruiser Modern bernuansa Klasik

 

Share Bimmer Story: