Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW Pacu Tiga Generasi CSL di Laguna Seca

Tiga Generasi CSL
Foto: BMWBlog.com

Bimmer.ID — Menandai perayaan 50 tahun BMW ///M, tiga generasi CSL dipacu dan dipamerkan di sirkuit paling legendaris di Amerika Serikat, yakni Laguna Seca.

Setelah sebelumnya memamerkan armada mobil klasiknya di acara Legends of the Autobahn, Jerman, BMW Amerika Utara memboyong tiga generasi CSL untuk ikut serta dalam kegiatan balapan di Laguna Seca.

Setiap tahunnya, BMW mengikutsertakan jajaran mobil balap klasiknya untuk dipacu di lintasan balap. Ketiga generasi CSL yang dibawa BMW kali ini adalah E9 CSL Batmobile, E9 3.0 CSL, dan G82 M4 CSL.

BMW E9 3.0 CSL (1973)

BMW E9 3.0 CSL merupakan versi sporty dan ringan dari E9 CS. Bagian pintu, bagasi, dan kap mesinnya terbuat dari alumunium. Selain itu, bagian atap, partisi panel belakang, serta arch rodanya dibuat dari plat besi yang sangat tipis.

Dengan ‘diet ketat’ itu, BMW berhasil menurunkan bobot mobil hingga 200 kg dibanding versi standarnya.

E9 CSL 1973 ini memiliki mesin 3.200 cc enam silinder segaris yang mampu mengeluarkan 206 HP. Hanya ada 167 unit 3.0 CSL yang diproduksi mulai 1973 hingga 1975.

E9 Batmobile

Disebut Batmobile karena BMW spesial ini memiliki bentuk layaknya mobil tokoh komik Batman. Mobil ini merupakan mobil pertama yang memulai BMW Motorsport, atau BMW ///M.

E9 Batmobile dibangun menggunakan basis E9 3.0 CSL. Ini merupakan mobil homologation special yang didesain bagi tim khusus balap pabrikan, BMW Motorsport GmbH.

Meski tidak menggunakan emblem ///M, tetapi Batmobile dianggap sebagai produk pertama BMW Motorsport dan bertarung di ajang balap Group 8 (1972-1982).

BMW 3.0 CSL tampil mendominasi di ajang European Touring Car Championship pada 1970-an dengan keraih enam kemenangan antara 1973 hingga 1979.

Mobil ini juga memenangi kejuaraan balap ketahanan internasional seperti, 12 Hours of Sebring, 24 Hours of Daytona, dan memenangi tiga kelas di 24 Hours of Le Mans (1973, 1974, dan 1977).

G82 M4 CSL

Ini merupakan CSL generasi terbaru setelah E46 CSL. Mobil ini 120 Kg lebih ringan dibanding G82 M4 Competition standar dengan tenaga yang lebih besar pula.

Penggunaan serat karbon meliputi kap mesin, front splitter, rear diffuser, dan trunk lid yang dipasang guna menambah downforce, stabilitas, serta kemampuan bermanuver.

Mesin enam silinder twin turbo berkapasitas 3.000 cc-nya mampu mengeluarkan 543 HP. Suspensinya lebih rendah 8mm untuk handling yang lebih sempurna.

BMW M4 CSL yang dikeluarkan secara terbatas ini mencatatkan waktu tercepat di sirkuit Nürburgring, mengalahkan BMW produksi masal manapun

Tiga Generasi CSL

Silahkan menikmati rangkaian foto tiga generasi BMW CSL di Sirkuit Laguna Seca berikut ini. (Aldion/BMW Blog)

  • BMW CSL

Foto: via BMWBlog.com

Baca juga: Melaju Kencang Bersama BMW Motorsport

Share Bimmer Story: