Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW X5 Series F15: Lebih Agresif dan Ramah Lingkungan

BMW X5 Series F15

Bimmer.ID — BMW X5 Series F15 adalah generasi ketiga untuk mobil jenis premium SUV. Mobil ini berada di kelas mid-size, dan merupakan penerus dari BMW X5 E70. Seri F15 pertama kali dirilis di Frankfurt International Motor Show 2013.

Mobil ini tentu menanggung beban berat karena “dituntut” untuk mengulang kesuksesan generasi kedua seri X5, E70. Beruntung F15 tetap mampu memikat para pecinta mobil sport mewah.

Hadir dengan teknologi terbaru, seri F15 menawarkan mesin yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Namun, daya pikat mobil ini justru datang dari eksteriornya.

Alih-alih disebut evolusi, seri F15 lebih pas dikatakan sebagai sebuah revolusi di dunia Sports Activity Vehicle. Dengan tampilan depan yang lebih agresif, serta garis karakter yang kuat di sepanjang sisinya, model F15 diciptakan bagi mereka yang berjiwa pemberani.

Desain dan Interior

Dibandingkan pendahulunya, seri F15 memiliki interior yang lebih modern dan canggih. Sebuah layar 10,25 inci telah disematkan di tengah dasbor, dan dapat dikendalikan dengan tombol iDrive.

F15 juga dilengkapi fitur surround-view camera yang dapat menunjukkan bagian depan mobil, plus bergerak secara otomatis saat Anda melalui jalan yang sempit.

Dimensi mobil pun jadi lebih besar. BMW X5 generasi ketiga (F15) menjadi lebih lebar 5 mm, lebih panjang 26 mm, dan lebih rendah 14 mm daripada E70, tetapi wheelbase tetap sama, yaitu 2,933 mm.

Untuk tampilan yang lebih eksklusif, pabrikan Jerman itu juga menyediakan opsi jok berlapis kulit Dakota atau Exclusive Nappa. Anda pun bisa memilih satu dari tujuh warna pelapis jok yang disediakan.

Mesin dan Sasis

Generasi ketiga dari seri X5 terbagi dalam dua jenis mesin: bensin dan diesel. Untuk varian mesin bensin, ada empat model, yaitu sDrive35i N55B30, xDrive35i N55B30, xDrive50i N63B44(tü), dan xDrive40e BMW N20.

Sementara untuk varian mesin diesel, terdapat enam model: sDrive25d N47D20, sDrive25d B47D20, xDrive25d N47D20, xDrive30d N57D30OL(tü), xDrive40d N57D30TOP(tü), dan M50d N57D30S1.

Pada sektor mesin, seri ini menggunakan TwinPower Turbo yang mencakup turbocharger ganda, High Precision Injection, dan valvetronic. Teknologi ini dapat menghasilkan respons dan efisiensi yang baik, khususnya dalam konsumsi bahan bakar.

BMW X5 Series F15 juga mengalami penyempurnaan pada sistem penggerak empat roda dan teknologi sasisnya. Mobil ini menerapkan Driving Experience Control terstandar yang diletakkan di konsol tengah. Pengaturan mesin pun dapat disesuaikan dengan situasi saat itu atau dengan kondisi mengemudi yang berbeda.

Mode SPORT, SPORT+, ECO PRO, dan The COMFORT,  bisa dipilih untuk memberi kenyamanan berkendara, yang memungkinkan Anda menyesuaikan karakteristik respons akselerator, power steering, dan transmisi otomatis.

Fitur keselamatan seperti Lane Departure Warning juga telah ditambahkan. Teknologi ini akan memberi Anda peringatan visual, atau suara yang akan terdengar jika ada bahaya yang terdeteksi. Pada saat yang sama, sistem rem secara otomatis dipersiapkan untuk mengurangi jarak berhenti.

Dengan berlimpahnya fitur canggih yang ditambahkan pada F16, generasi ketiga dari seri X5 ini sangat layak untuk jadi penerus E70 yang sangat populer. Setuju? (Destriyana/ymn/berbagai Sumber/Foto BMW Group/Video: BMW)

Baca juga:  Tulisan lengkap tentang BMW X5 Series lainnya

 

Video BMW X5 Series F15 | Tahun produksi: 2013 – 2018

Foto Terbaru BMW X5 Series F15

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW X5 Series F15 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #BMWx5f15, #BMWf15, dan #X5f15.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share Bimmer Story: