Bimmer.ID — “Freude am Fahren” atau sheer driving pleasure (kenikmatan dalam berkendara) telah menjadi slogan BMW sejak tahun 1965.
Ketiga kata itu hingga kini selalu digunakan dalam seluruh iklan produk BMW di berbagai platform, termasuk sosial media.
Semua berawal pada tahun 1936 ketika BMW membuat billboard iklan bagi motor dan mobil mereka.
Di billboard itu BMW menuliskan keterangan “Kraftfahren muss Freude bereiten!” atau Driving should be a pleasure! (Berkendara haruslah menyenangkan!).
Kata “Freude” dalam bahasa Jerman memiliki arti “Kenikmatan” atau “Kesenangan”. Lalu berikutnya ada iklan yang khusus untuk diler-diler BMW yang berisi keterangan “Freude und Nutzen” (Kenikmatan dan kenyamanan).
Kemudian ada pula iklan untuk BMW 326 Touring bermesin enam silinder yang menjanjikan para pembeli dengan kalimat “Doppelte Freude am Fahren” (kenikmatan berkendara dua kali lipat).
Pada 1955 BMW merilis slogan ceria untuk Isetta yang berbunyi “Freude haben – Kosten sparen – BMW Isetta fahren” (Menyenangkan untuk dikendarai. Mari berhemat, kendarai BMW Isetta).
Di sini kata “Freude” muncul kembali, namun masih belum dianggap cocok dengan kata-kata lainnya.
BMW bahkan sempat merilis slogan “BMW … eine Klasse für sich” (BMW… Kelas tersendiri) yang kemudian sering digunakan dalam setiap rilis pers BMW. Namun, mereka masih merasa ada yang kurang.
Slogan BMW Sheer Driving Pleasure
Semua itu berubah di awal dekade 1960-an ketika BMW mulai merilis generasi Neue Klasse (New Class) mereka.
Generasi terbaru ini dipasarkan dengan menggunakan strategi yang terdiri dari tiga elemen, yakni sporty, andal, dan menggoda.
Dan pada 1964 sebuah iklan untuk BMW 1800 memiliki kalimat akhir yang berbunyi “... aus Freude am Fahren.” (… untuk kenikmatan dalam berkendara).
Kalimat itu kemudian diadopsi oleh BMW sebagai slogan resmi mereka dan dianggap sebagai bagian tak terpisahkan dari brand image BMW.
Barulah pada tahun 1972 BMW membuat standar bagi slogan “Freude am Fahren” mereka yang memiliki arti Sheer Driving Pleasure.
Itu karena, sebelum 1972, slogan tersebut dalam bahasa Inggris diartikan lebih bebas dan bermacam-macam.
Namun, slogan dalam bahasa Inggris di Amerika Serikat yang berbunyi “The Ultimate Driving Machine” menjadi pengecualian.
“Slogan BMW Sheer Driving Pleasure memberikan emosi positif dan bukan sekedar kalimat kosong belaka,” kata Head of Corporate and Brand BMW Group Joachim Blickhäuser. (Aldion/BMW.com)
Podcast BMW tentang Sejarah Slogan BMW
Untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah slogan BMW, dengarkan juga podcast Canging Lanes dari BMW berikut ini: