Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

Teknologi Digital Modern BMW Diciptakan di Portugal

Teknologi Digital Modern BMW
Foto: via BMWBlog.com

Bimmer.ID — Dalam empat tahun terakhir, seluruh sistem teknologi digital modern BMW dan infotainment dirancang bangun di Kota Lisbon, Portugal. Apa saja inovasi digital yang disiapkan oleh BMW Group?

BMW Group dan Critical Software, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Portugal, melakukan joint venture dalam menciptakan peralatan dan perangkat lunak digital bagi kendaraan mereka.

Dari hasil kerjasama itu lahirlah Critical TechWorks (CTW) yang hingga kini telah memiliki lebih dari 1.900 karyawan. Mereka bertanggungjawab atas seluruh sistem infotainment terbaru BMW.

BMW Group memiliki 51% saham CTW. Di awal peluncurannya, perusahaan ini hanya mempekerjakan 240 karyawan yang terbagi di Kota Lisbon dan Porto. Namun, saat ini jumlah tenaga kerjanya kian membesar.

CEO CTW Rui Cordeiro dan COO Philip Nitschke bertanggungjawab atas perangkat teknologi BMW made in Portugal ini. Kebanyakan karyawannya merupakan lulusan universitas lokal dan akademi yang dibangun oleh CTW sendiri.

Teknologi Digital BMW
Foto: via BMWBlog.com

Digitalisasi iX dan i7

Sistem BMW iDrive 8 merupakan bagian dari peta pengembangan terbaru yang dilakukan oleh CTW. Proyek terbaru mereka termasuk BMW iX electric crossover dan i7 electric limousine.

Beberapa fitur unggulan yang sedang dikerjakan CTW adalah perangkat entertainment, Apple CarPlay and Android Auto integrations, dan E-Mobility. Sementara produk utama yang sudah mereka ciptakan adalah BMW Parking Payments di Jerman.

Ada beberapa fakta menarik dari teknologi buatan CTW ini. Yang pertama adalah pengembangan perangkat lunak xPAD untuk Touchpads di mobil BMW i7.

Dan yang kedua adalah sistem pintu otomatis bagi BMW i7 dan Seri 7 terbaru. Sistem ini dapat membuka pintu yang dioperasikan melalui smartphone.

Teknologi Digital BMW
Foto: via BMWBlog.com

Kustomisasi My BMW

Dalam waktu dekat, perusahaan teknologi ini akan merilis fitur kustomisasi aplikasi My BMW, yang salah satu keunggulannya adalah memesan fitur terbaru bagi BMW Anda.

Menurut CTW, pengguna aplikasi My BMW telah meningkat dari 6 juta pada Januari 2022 hingga 9 juta pengguna hingga hari ini. Tercatat 7.000 pengguna baru dari seluruh dunia mendaftar setiap harinya.

MyBMW App
Foto: via BMWBlog.com

OneGPM

Proyek lain yang sedang digarap oleh CTW dan BMW Group adalah OneGPM, sebuah sistem yang mampu menyimpan data secara otomatis di cloud.

Data itu tidak hanya digunakan untuk meningkatkan pengalaman mengemudi, tetapi juga bisa mengawasi permintaan pengemudi secara akurat, dan memberi informasi terkait ketersediaan produk.

OneGPM menyediakan data serta perangkat visual bagi 24 pasar dari 50 sistem data yang berbeda. Fakta menarik lainnya adalah OneGPM juga menganalisa data dari para pesaingnya, sehingga mampu menyediakan kesempatan untuk terus bertumbuh.

Dengan adanya kerjasama ini, masa depan BMW Group sepertinya bakal dapat memberikan dampak global yang luar biasa di dunia teknologi kendaraan modern. (Aldion/BMW Blog)

Baca juga: Kapankah Dekade Terbaik bagi BMW M

 

Share Bimmer Story:

DigitalOcean Referral Badge