Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW 3 Series E21: Sedan Mewah dengan Handling Mantap

BMW 3 Series E21

Bimmer.ID — Mengusung konsep “sedan mewah” pertama di awal kemunculannya, BMW 3 Series E21 memadukan penampilan modern serta kinerja mantap di jalan. E21 menawarkan sistem kendali serta konsep desain dashboard inovatif pada masanya, dan memberi para pengendaranya pengalaman menyetir yang lebih nyaman.

E21 dibuat sebagai versi pertama dari Seri 3, menggantikan Seri 2 yang dianggap telah ketinggalan zaman. Desainer Paul Bracq memasukkan perubahan drastis yang membuat Seri 3 lebih menonjol dari pendahulunya. E21 adalah yang pertama kali menghadirkan desain dashboard baru, dengan konsol yang dipasang tepat di depan pengemudi, bukan di tengah-tengah seperti seri sebelumnya.

Sedan coupe ini memiliki dua pintu berbentuk persegi yang desainnya membentuk tampilanlurus hingga ke bagian belakang mobil. Terdapat garis hitam vertikal yang tampak jelas di depan, samping, serta belakang bodinya. Model 315 hingga 318 memiliki dua lampu depan, sedangkan model 320 hingga 323 punya empat.

Seri E21 menggunakan mesin empat silinder M-10 dengan karburator I4 untuk seluruh model dua lampu (kecuali 318i yang menggunakan mesin injeksi). Sementara itu, model empat lampu keluaran tahun 1977 ke atas mulai menggunakan karburator I6 sebelum berpindah ke mesin injeksi. Model awal menghadirkan 4 percepatan, namun model keluaran tahun 1980 mulai menghadirkan 5 percepatan.

E21 menghadirkan visual yang cukup luas untuk pengemudi, berkat jendela lebar serta bingkai tipis. Interiornya cukup ergonomis, dan pengemudi bisa melihat seluruh konsol dashboard dengan nyaman, walau tanpa AC. Mesin E21 tidak memungkinkannya untuk dibawa mengebut, namun performanya stabil, termasuk saat dikendarai pada musim hujan.

Sistem kemudi E21 cukup nyaman. Setirnya tidak terlalu berat, tetapi terasa mantap dan enak digenggam karena agak tebal. Kualitas kemudi yang memiliki presisi tinggi membuat E21 cocok dibawa mengemudi jarak jauh di jalan aspal. Mobil ini juga cukup enak dikemudikan di jalanan berkelok, tetapi kurang cocok untuk berbelok dengan kecepatan tinggi.

BMW 3 Series E21 terus diproduksi hingga tahun 1983, termasuk modifikasi baru Baur Cabriolet bermodel atap terbuka yang desainnya didasarkan pada desain klasik. Produksi E21 berakhir dengan keluarnya model 315 ekonomis yang irit bahan bakar pada tahun 1981, sebelum akhirnya dihentikan pada tahun 1983 (putri/ymn/Berbagai Sumber/Foto: WallPaperCave.com).

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW 3 Series lainnya

 

Video BMW E21 | Tahun Produksi: 1975 – 1983

Instagram BMW E21

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW E21 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #E21, #BMWE21, dan #E21Club

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: