Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW 3 Series E30: Masih Tetap Diburu Hingga Kini

BMW 3 Series E30

Bimmer.ID —  Penggemar BMW tidak akan mudah melupakan BMW 3 Series (E30), alias BMW Si Boy. Merupakan generasi kedua, E30 diproduksi mulai tahun 1982 – 1994. Bagi banyak orang seri ini merepresentasikan apa yang disebut sebagai “The Ultimate Driving Machine.” Bahkan, setelah lebih dari 30 tahun, desain eksterior mobil itu menghadirkan kesan klasik kontemporer yang elegan.

Pada dua tahun pertama peluncurannya di Amerika Serikat, mobil ini menjadi incaran generasi Baby Boomers, yang kala itu baru saja lulus kuliah dan memperoleh pekerjaan pertamanya. Jika Seri 7 menjadi pilihan para eksekutif dan Seri 5 untuk para bos, maka Seri 3 menjadi pilihan sempurna mereka untuk menunjukkan status sosial ekonomi pada khalayak. Plus, mencerminkan bahwa mereka punya selera yang bagus.

Dari kejauhan, mobil ini sekilas mirip E21, tetapi ukurannya sedikit lebih besar dengan gril depan dipenuhi empat lampu. Model perdana E30 mengusung gaya coupé (sedan dua pintu). Sedan empat pintu diluncurkan tahun 1983, convertibles pada tahun 1985, dan touring pada tahun 1987.

Urusan mesin, E30 mengandalkan dua mesin bergantung tipenya, yakni M10 4 silinder segaris dan M-20 6 silinder segaris. Selain berbahan bakar bensin, seri ini juga merupakan seri BMW pertama yang berbahan bakar diesel. Untuk transmisi manual,  ada 4 percepatan (model 316 dan 318i) dan 5 percepatan pada model lainnya. Sementara transmisi otomatis mengusung 3 percepatan pada model M10 316 dan 318i (hingga keluaran 1985) dan 4 percepatan pada model selanjutnya.

Perbedaan utama E21 dan E30 adalah interior dan suspensi. Menggunakan MacPherson di bagian depan dan suspensi semi-trailing arm di bagian belakang menghadirkan pengaturan yang kompak. Mobil terasa lebih nyaman dikendarai dan bermanuver, sebuah pembaruan yang cukup baik jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Sepanjang 12 tahun, total produksi E30 hampir mencapai 2,5 juta unit di seluruh dunia. Ini menjadikan E30 cukup sukses bertahan dalam waktu lama dan punya basis penggemar yang fanatik. Bagaimanapun juga, mobil ini sempat menjadi andalan bagi mereka yang mendambakan mobil sport dan sedan penumpang dalam satu kendaraan.

Setelah tidak diproduksi lagi, kesuksesan E30 lalu dilanjutkan oleh generasi ketiga Seri 3, yakni E36. Simak ulasan kami selanjutnya tentang tipe yang satu ini. (dita/ymn/Berbagai Sumber/Foto: TopGear.com)

Tahun Pembuatan: 1982 – 1994

BMW E30 – MikeCrawat Photography

 

Share this Story: