Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

5 BMW dengan Transmisi Manual Terbaik

BMW dengan Transmisi Manual Terbaik

Bimmer.ID —  Saat ini, kenyamanan dan kecepatan menjadi alasan utama mengapa pabrikan otomotif mulai meninggalkan transmisi manual dan menyematkan berbagai macam pilihan transmisi otomatis di kendaraan mereka.

Hal itu tidaklah salah, karena harus diakui jika transmisi otomatis jauh lebih cepat, nyaman, dan efisien, jika dibandingkan dengan transmisi manual. Akan tetapi, bagi sebagian orang transmisi manual bisa memberikan sesuatu yang tidak ada pada transmisi otomatis, yaitu fun to drive dan nostalgia.

Transmisi Manual Terbaik

Di sini, BMW masih memanjakan para konsumennya dengan pilihan transmisi manual di kendaraan barunya. Di artikel ini, Bimmer.ID mencoba menyajikan 5 BMW dengan transmisi manual terbaik, seperti dikutip dari BMW Blog. Selamat membaca.

E46 M3

E46 M3 menjadi satu-satunya BMW yang disematkan transmisi manual buatan Getrag di daftar ini. M3 generasi ketiga ini disematkan Getrag 420G enam percepatan. Transmisi ini terkenal kuat dan mampu menyalurkan torsi besar dari mesin S54B32 ke roda belakang.

Memang, jika dibandingkan dengan transmisi buatan ZF, Getrag lebih kurang presisi tetapi tidak berisik dan lebih ringan. Perpaduan antara induction noise dan suara mesin yang ‘garing’ dari S54 serta handling mantap membuat E46 M3 sangat menyenangkan untuk dikendarai.

G80 M3 dan G82 M4

Ok, kedua mobil ini sepertinya tidak terlalu mendapat apresiasi yang layak dari pers dan khalayak umum karena desain kidney grill-nya. Ini menyedihkan, karena G80 M3 dan G82 M4 mendapat pilihan transmisi manual enam percepatan buatan ZF dari BMW.

ZF memberikan transmisi manual short throw, dengan kopling progresif, dan perpindahan gigi yang crispy untuk mengimbangi powerband yang dihasilkan mesin S58 nya. Apalagi dengan sasis barunya, kedua generasi BMW ///M ini lebih kaku dan ringan, sehingga lincah di tikungan.

Belum lagi ditunjang dengan roda depan dan belakang yang lebih lebar, jok serat karbon, dan sistem rev match yang bisa diaktifkan membuatnya layak masuk daftar ini. Dengan tenaga sebesar 473 HP, pengendalian yang lebih komunikatif, dan pilihan transmisi manual dirasa cocok bagi sebagian petrolhead.

F87 M2 Competition dan M2 CS

Mewakili generasi sasis F8X, M2 Competition dan M2 CS merupakan kelompok dengan transmisi manual terbaik. Keduanya dipersenjatai dengan mesin S55 (400 HP) yang sama dengan M3, menggantikan mesin N55 dari M2 generasi sebelumnya

Kedua generasi M2 ini disematkan transmisi ZF six speed yang presisi meski agak jauh lemparannya (long throw shifter). Koplingnya terasa enak serta memberikan feel yang komunikatif bagi pengemudinya.

Yang membuatnya lebih asik, mobil ini dimensinya cukup kecil, alias fun size, dan bisa diandalkan untuk dipakai harian. Namun demikian, di trek balap keduanya tak kalah garang dan lincah.

E36 M3

Dibanding mobil-mobil lain di daftar ini, E36 M3 memang bukan yang terbaik, tapi tetap saja menyenangkan untuk dikendarai. Dengan mengusung mesin S52 dan transmisi ZF lima percepatan, mobil ini memberikan kesan kencang jika dikendarai, karena koplingnya terasa ringan dan bukaan gasnya responsif.

S50 dan S52 terkenal sebagai salah satu mesin paling reliable dari BMW, apalagi torsinya cukup besar. Dengan suspensi yang diracik khusus dari pabriknya, driver cukup memilih ban terbaik untuk membawanya berkendara melewati perbukitan atau memacunya di sirkuit. E36 M3 mewakili segala hal terbaik dari sebuah mobil bertransmisi manual buatan BMW.

E82 1M Coupe

Untuk kendaraan yang satu ini memang agak susah ditemui, karena E82 1M bisa hadir di dunia karena beberapa insinyur divisi ///M BMW berpikir, “sepertinya asik” memasang parts M3 dan velg lebar ke mobil kecil seri 1 standar. Dan mereka benar!

E82 1M memiliki banyak parts yang diambil dari E9X M3, kecuali mesinnya yang menggunakan N54 (6 silinder segaris 3.000 cc twin turbo), sementara E9X M3 menggunakan mesin S65 (V8 4.000 cc). Tapi, hanya dengan sedikit modifikasi, mesin N54-nya tak kalah dengan S65.

Tidak berlebihan rasanya jika menyebut E82 1M sebagai salah satu produk BMW ///M terbaik yang pernah dibuat. Steering rack hidrolik, serta body pendek rendah dan lebar yang didampingi transmisi ZF enam percepatan membuatnya menjadi ‘mimpi basah’ penggemar otomotif. Dan perlu diketahui, mobil ini tidak ada pilihan transmisi otomatis.

Demikian daftar 5 BMW dengan transmisi manual terbaik. Akan tetapi perlu diingat jika daftar ini sangatlah subjektif. Karena mobil bertransmisi manual terbaik adalah mobil yang Anda kendarai dan cintai.

Jika Anda memiliki pengalaman khusus saat mengendarai BMW lain dengan transmisi manual, share kepada kami. Happy driving! (Aldion/Foto: BMW Blog)

Baca juga: Melaju Kencang Bersama BMW Motorsport

 

Share Bimmer Story:
Penawaran eksklusif untuk pengguna BMW: Ajukan BMW Maybank Kartu Kredit Sekarang!