Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW M 1000 RR Competition dan M 1000 RR Terbaru Dirilis

BMW M 1000 RR
Foto: BMW Group

Bimmer.ID — BMW Motorrad resmi merilis motor homologasi balap M 1000 RR dan BMW M 1000 RR Competition terbaru.

Ini menjadi tonggak sejarah penting bagi pabrikan asal Jerman itu untuk terus berkompetisi di ajang World Superbike (WSBK). Motor ini telah menjalani serangkaian uji coba tanpa henti terkait aerodinamika.

“Kami telah menggapai engineering masterpiece di bidang pengembangan aerodinamika M 1000 RR,” kata Christian Gonschor, manajer proyek M 1000 RR.

“Semuanya berkat uji coba yang sangat lama di terowongan angin juga di jalan raya guna meraih kecepatan tertinggi dan menambah downforce.”

BMW M 1000 RR terbaru –yang biasa disingkat sebagai M RR– ditenagai oleh mesin empat silinder segaris yang didesain khusus untuk balapan, terutama di WSBK.

Mesin ini mampu memuntahkan 212 HP di putaran mesin 14.500 rpm. Sementara torsi maksimum sebesar 113 Nm diraih pada putaran mesin 11.000 rpm.

BMW M 1000 RR Competition

BMW M 1000 RR Samping
Foto: BMW Group

Sasisnya mengandalkan rangka aluminium bridge dengan suspensi depan upside-down serta suspensi belakang berteknologi Full Floater Pro kinematics.

Kecepatan puncaknya diklaim mencapai 314 kpj, dibanding generasi sebelumnya yang ‘hanya’ 306 kpj.

Kecepatan setinggi itu dapat diraih berkat fairing model baru, M winglet baru, velg karbon, dan cover roda baru yang terintegrasi dengan M Brake Ducts.

Fairing yang terbuat sepenuhnya dari serat karbon ini lebih kaku dan kuat serta memiliki kaca depan yang lebih tinggi guna meningkatkan kecepatan serta mengoptimalkan aliran udara melalui tubuh pengendara dalam kecepatan tinggi.

BMW M 1000 RR Body
Foto: BMW Group

BMW M 1000 RR terbaru ini ditawarkan dengan cat Lightweight non-metallic. Sementara M 1000 RR M Competition tersedia dalam warna Blackstorm metallic.

Motor ini menawarkan sejumlah mode berkendara, yakni “Rain“, “Road“, “Dynamic“, “Race” and “Race Pro 1-3″ yang dilengkapi Dynamic Traction Control DTC dan DTC wheelie function with 6-axis sensor box paling mutakhir.

Bagian buritannya membuat M RR terlihat lebih ringan, sporty, dan dinamis. Dudukan plat nomornya sekarang lebih pendek. Jok model baru M Endurance didesain agar lebih ergonomis.

BMW Motorrad memang tidak main-main untuk terjun di dunia WSBK. Namun, mereka merasa tidak tertarik berlaga di MotoGP karena biaya yang sangat mahal dan tidak terlalu menguntungkan. (Aldion/BMW Group)

Baca juga: BMW R 1250 GS Limited Edition Diperkenalkan

 

Share Bimmer Story:

DigitalOcean Referral Badge