Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW M Kemungkinan bakal Sediakan Velg Centerlock

Velg Centerlock
Foto: via BMWBlog.com

Bimmer.ID — BMW M sepertinya bakal mengikuti jejak Porsche dan Lamborghini, dengan memberikan pilihan velg centerlock pada produk terbarunya nanti.

Hal ini diungkap oleh laman BMW Blog, yang menerima tangkapan layar di mana terlihat BMW M3 dan M4 dari berbagai tipe menggunakan jenis velg berbaut tunggal itu.

Velg centerlock ini memang sempat juga terlihat digunakan oleh BMW 3.0 CSL dan G87 M2. Beberapa model M lainnya dikabarkan bakal menyusul.

BMW M sebelumnya tidak pernah menawarkan pilihan velg centerlock kepada khalayak umum. Maka dari itu, ini bakal menjadi kabar yang cukup menyegarkan bagi para penggemarnya.

Sebagai informasi, Porsche, Ferrari, dan Lamborghini sudah cukup lama menawarkan pilihan velg centerlock pada mobil-mobil agresif mereka.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang velg tipe ini, simak kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan velg centerlock

Ada beberapa kelebihan dari penggunaan velg centerlock pada sebuah mobil sport. Tetapi, perlu diingat, bahwa velg jenis ini hanya memberikan keuntungan jika digunakan untuk tujuan tertentu.

Keuntungan pertama adalah bobotnya yang lebih ringan, karena hanya menggunakan sebuah baut disematkan di tengah velg.

Berbeda dengan velg tradisional yang menggunakan 4 atau 5 baut, centerlock terlihat lebih kompak dan memiliki keunggulan momentum minimal.

Dan karena hanya ada satu baut besar di tengah roda, penampilan mobil semakin minimalis dan sporty.

Dari sisi aplikasi, velg centerlock sebenarnya hanya memiliki satu tujuan, yakni mempermudah pergantian roda saat balapan.

Kerugian menggunakan centerlock

Kerugian pertama dan yang terbesar dari velg centerlock adalah rumitnya pergantian roda tanpa disertai ketersediaan peralatan khusus.

Kru pitstop dapat dengan mudah melepas baut tunggal ini karena mereka menggunakan high-torque wrench, atau kunci baut momen yang panjang.

Peralatan ini tergolong tidak praktis, terlebih ketika Anda mengalami kebocoran ban dan terpaksa berhenti di pinggir jalan untuk mengganti ban.

Velg centerlock memerlukan kekuatan penguncian yang sangat besar, sekitar 1180 pound-feet of torque –menurut klaim BMW.

Berikutnya, mekanisme penguncian tunggal ini biasanya membutuhkan perawatan rutin ekstra, seperti lubrikasi.

Jika hal ini tidak terpenuhi, maka Anda terpaksa harus menggantinya dengan yang baru. Dan harganya tentu saja sangat mahal.

BMW M tentunya sudah memikirkan hal ini dengan menawarkan pilihan velg centerlock pada produknya yang memang sering digunakan untuk terjun di sirkuit. Bagaimana menurut Anda, tertarik menggunakan centerlock? (Aldion/BMW Blog)

Baca juga: 40 Tahun BMW M1, Ikon Mobil Sport yang Legendaris

 

Share Bimmer Story:

DigitalOcean Referral Badge