Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW M1 Series E26: Sedan Sport Klasik dari BMW

Sedan Sport Klasik dari BMW

Bimmer.ID — Sejak debutnya pada tahun 1978 di pameran mobil di Paris, BMW M1 Series E26 telah menarik banyak perhatian. Mobil ini merupakan proyek khusus BMW untuk menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memproduksi sedan sport berkualitas.

Berawal dari perjanjian produksi bersama Lamborghini — yang akhirnya gagal, BMW memutuskan untuk memproduksi mobil sport mereka sendiri, terutama untuk bersaing dengan Porsche dan Ferrari.

Desain E26 yang sporty sangat mencolok karena tidak sama dengan model-model standar yang keluar sebelum dan sesudahnya. Bagian luarnya terbuat dari fiberglass dengan warna merah cerah, tetapi ada juga versi warna biru, putih, jingga, hitam, dan abu-abu.

Desain kursinya dirancang khusus oleh ASS, dan berbeda dengan desain kursi standar yang dimiliki seri-seri sedan BMW lainnya. Interiornya didominasi oleh kulit, tetapi bagian dalam kursi dan pintu dilapisi kain bertekstur. Terdapat jendela otomatis serta sistem audio Becker.

E26 memiliki mesin M88 yang menyerupai M30, yang antara lain terdapat pada Seri 6. Akan tetapi, M88 merupakan mesin empat silinder segaris yang memiliki sistem pendingin khusus, sesuai dengan fungsinya sebagai mobil balap. M88 juga menggunakan sistem injeksi Kugelfischer yang mendukung kinerjanya di jalan atau sirkuit.

Mobil ini memiliki suspensi double-wishbone di bagian depan dan belakang bodinya, lengkap dengan sistem penyerap hentakan Bilstein. Sistem ini mendukung manuver mobil yang melibatkan banyak belokan serta pengereman mendadak. Sistem pengereman dibuat oleh Brembo, dan tidak memiliki fitur penghenti roda (ABS).

BMW memproduksi E26 selama 30 bulan, tanpa adanya variasi model lain. Karena E26 didesain secara khusus, BMW hanya memproduksi sekitar 454 mobil tersebut. 54 di antaranya dirancang khusus untuk sirkuit, dan sisanya merupakan versi yang dapat dikemudikan di jalanan biasa. Pada tahun 2009, MW menciptakan M1 Homage, mobil sedan super modern yang terinspirasi dari E26, namun hanya sebagai mobil konsep yang dipamerkan di Dubai International Motor Show 2009.

Walau diproduksi secara terbatas, BMW M1 Series E26 adalah salah satu babak khusus dalam sejarah kontemporer BMW. Kehadirannya bahkan memicu produksi mobil-mobil konsep unik, seperti mobil konsep yang diciptakan BMW bersama dengan Vision Efficient Dynamics (putri/ymn/Berbagai Sumber/Foto: Drive-My.com)

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW M Series lainnya

 

Video BMW M1 (E26) | Tahun Produksi: 1978 – 1981

Instagram BMW M1 E26

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW E26 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #E26 dan #BMWe26.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: