Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW M340i: Sporty dan Sarat Teknologi Canggih

BMW M340i xDrive Sedan

Bimmer.ID — Bicara soal sedan, orang Jerman senang tampilan yang sporty. Mobil dengan bodi besar, tampak ‘berotot’ sehingga terkesan atletis dan gagah. Konsep inilah yang melekat pada Seri 3 BMW. Meski terlihat lebih besar dan sarat teknologi canggih, BMW tahu betul bagaimana membuat sebuah sedan nyaman dikendarai.

Fakta tersebut tampak menonjol saat informasi awal tentang BMW M340i xDrive Sedan dirilis oleh BMW pada 13 November 2018 lalu. Mengusung mesin 6 silinder segaris 3.0 L, bodi yang lebih kaku 25%, teknologi suspensi M-specific, dan intelligent four-wheel drive, mampu menghadirkan dinamika berkendara luar biasa.

Mesin telah diperbarui sehingga dapat menghasilkan tenaga 382 hp dan  torsi 500 Nm. Datang dengan 8 percepatan otomatis yang dapat menggerakkan roda belakang atau keempat roda secara bersamaan. Kombinasi ini mendorong mobil bisa berlari hingga 100 km/jam dalam 4,4 detik dari posisi diam.

Saat berada dalam mode Sport, sistem pembuangan M-Sport akan mengaliri knalpot. Pada tipe xDrive, ini mengirimkan lebih banyak tenaga ke roda belakang. Pengemudi dapat merasakan manuver hebat, sehingga berkendara lebih fun, tetapi keamanan berkendara tetap terjaga.

Karakter sporty melekat pada bagian eksterior dan ditunjang pula dengan fitur-fitur yang dimiliki mobil. BMW mengklaim aerodinamika M340i adalah yang terbaik di kelasnya dengan koefisien drag 0,23. Meski bongsor, bobot mobil ini menyusut secara signifikan hingga 55 kg dibandingkan dengan generasi terdahulu. Tentu saja tak ketinggalan penyematan powertrains dengan limited slip-differential, konsumsi bahan bakar yang lebih irit, yang menggenapi performa berkendara terbaik.

Menjalani debut perdana di hadapan dunia pada Los Angeles Auto Show 2018, mobil ini akan diluncurkan ke pasar Amerika Serikat pada Juli 2019, bersamaan dengan penjualan di Eropa.

Dalam pernyataan BMW Group saat konferensi pers Los Angeles Auto Show 2018 pada 28 November 2018 lalu, Bernhard Kuhnt, Presiden dan CEO BMW of North America menjanjikan kehadiran mobil ini akan meneruskan kesuksesan Seri 3 seperti generasi sebelumnya. Ia menyatakan bahwa M340i akan menjadi mesin penggerak utama BMW dalam segmen sedan sport. Beginilah definisi terbaru kenikmatan berkendara maksimal dengan efisiensi maksimum. (adt/ymn/Berbagai Sumber/Foto: News24Feed.com)

BMW M340i xDrive Sedan:

 

Share this Story: