Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

Fakta dan Mitos Seputar Sejarah Logo BMW

Sejarah Logo BMW

Bimmer.ID — Sebagai salah satu produsen mobil paling terkenal di dunia, BMW memiliki logo yang khas dan mudah diingat. Bukan hanya bentuknya yang minimalis nan elegan, logo mobil mewah ini pun mudah untuk diingat. Sejarah logo BMW bisa kita lihat jauh ke belakang, saat BMW belum benar-benar memproduksi mobil dan motor sebagai produk utamanya.

Konon Katanya, Logo Tersebut Menggambarkan Baling-Baling Pesawat

Pada dasarnya, logo BMW merupakan sebuah lingkaran yang terdiri dari tiga komponen – lis lingkaran hitam, tulisan “BMW” berwarna perak di bagian atas lis, dan lingkaran yang terbagi menjadi empat bagian dengan warna putih dan biru. Ketiga komponen tersebut dibatasi oleh garis yang berwarna sama dengan warna huruf BMW.

Banyak yang menilai bahwa sejarah logo BMW ini terbentuk karena perusahaan awal BMW merupakan produsen mesin pesawat di Bavaria. Maka dari itu, logo BMW pun menyerupai baling-baling pesawat yang sedang berputar. Nyatanya, hal tersebut adalah sebuah fakta yang dibuat-buat.

Kembali ke Tahun 1916, Ketika BMW Masih Bernama Rapp Motorenwerke

Bibit perusahaan dari Bayerische Motoren Werke adalah Rapp Motorenwerke yang didirikan oleh Karl Rapp. Pada saat itu, logo perusahaan merupakan sebuah lingkaran dengan lis hitam dan gambar siluet kepala kuda di tengahnya. Pada lis hitam tersebut, terdapat nama “RAPP” di bagian atas dan “MOTOR” di bagian bawah.

Seiring berjalannya waktu dan bergantinya nama perusahaan menjadi BMW AG, Rapp menginginkan unsur logo orisinal tetap ada pada logo baru perusahaan. Maka dari itu, lis hitam pada lingkaran dipertahankan dan nama “RAPP” digantikan dengan “BMW”.

Siluet kepala kuda pun tidak lagi digunakan dan digantikan oleh lingkaran yang terbagi menjadi empat bagian yang memiliki warna putih dan biru muda. Warna-warna tersebut dipilih sebagai simbolisasi tempat dimulainya perusahaan mobil mewah ini yaitu Bavaria. Sebagai negara federal Jerman, Bavaria atau Bayern memiliki bendera sendiri yang berwarna putih dan biru muda dengan pola kotak-kotak – pola yang diadaptasi BMW pada bagian tengah logo.

BMW Logo History

Evolusi Logo BMW dari Waktu ke Waktu

1917:  Logo BMW pertama kali muncul di mesin-mesin buatan BMW. Pada saat itu, logo berbentuk sama dengan yang kita kenal sekarang namun memiliki garis dan huruf berwarna emas. Huruf B, M, dan W pun terletak sedikit berjauhan.

1923:  Logo mulai disematkan pada produksi motor pertamanya, R 32. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan logo awal BMW, namun garis emas dipertegas dan jarak antar huruf dipersempit.

1951:  Di peluncuran mobil pertamanya pascaperang, BMW memiliki tiga versi logo dengan warna garis dan huruf yang berbeda yaitu putih, perak, dan emas. Untuk kepentingan marketing, warna yang akhirnya digunakan adalah putih dan perak.

Saat ini logo BMW masih memiliki bentuk dasar yang sama dengan logo orisinal namun dengan sedikit efek tiga dimensi pada desainnya. Huruf pun dibuat lebih tegas dan elegan yang menunjukkan kualitas dari merek BMW.

Selama lebih dari satu abad, perjalanan logo BMW telah mencerminkan konsistensi dan inovasi yang selama ini menjadi ciri dari produk-produk BMW. (Finna/ymn/Berbagai Sumber/Foto: TheDrum.com/BimmerPost.com/YouTube)

 

The Origin of the BMW Logo — BMW Channel

 

 

Share this Story: