Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW 7 Series E23: Sedan Mewah dengan Teknologi yang Inovatif

BMW 7 Series E23 Indonesia

Bimmer.ID — Memadukan kemewahan serta kecanggihan teknologi, BMW 7 Series E23 adalah sedan mewah pertama dari Seri 7 yang menawarkan fitur elektronik otomatis untuk pertama kalinya. E23 juga merupakan sedan pertama yang menghadirkan berbagai teknologi inovatif dari BMW, mulai dari fitur keamanan hingga teknologi pendukung kenyamanan sebagai bagian dari interior.

E23 merupakan sedan berpintu empat yang dirancang oleh Paul Bracq sebagai pengganti E3. Mobil ini dirancang sebagai sedan mewah berukuran besar (full-saloon car), tetapi dengan desain aerodinamis.

Bagian moncong mobil lebih lancip dari E3, dan bempernya terintegrasi dengan lebih baik. Akan tetapi, Bracq mempertahankan aksen krom pada pinggiran grill yang merupakan ciri khas E3. Aksen krom ini terus berlanjut hingga ke sisi pintu dan bingkai jendela, sehingga memberi kesan mewah.

Interior E23 menawarkan lebih dari sekadar bahan kulit yang berpadu elemen kayu mewah. BMW menghadirkan berbagai fitur seperti pemanas kursi, kursi belakang yang dapat direbahkan, jendela otomatis, telepon mobil, serta panel pengendali radio di bagian lengan kursi. Model L7 dari E23, yang dijual di Amerika Serikat serta Jepang, menambahkan bantalan empuk pada bagian dalam pintu mobil, bukan lagi panel kayu.

E23 menghadirkan fitur keamanan baru berupa Anti-lock Braking System (ABS). Fitur ABS mencegah roda berhenti berputar saat pengemudi mengerem mendadak. Hal ini membantu pengemudi menjaga keseimbangan serta kendali saat harus menghentikan mobil secara mendadak di jalan.

E23 juga menampilkan indikator kerusakan, yang ditandai dengan lampu peringatan di konsol pengemudi. BMW juga menawarkan bantalan pengaman untuk pengemudi sebagai antisipasi risiko tabrakan, tetapi fitur ini baru ditawarkan sejak tahun 1985.

Mobil ini menggunakan mesin enam silinder segaris model injeksi konvensional, namun hanya sampai tahun 1979. Model 732i adalah yang pertama menggunakan mesin injeksi digital Bosch Motronic. Transmisi mobil menawarkan 4 dan 5 percepatan untuk manual, serta 3 dan 4 untuk otomatis.

BMW mengakhiri produksi E23 pada tahun 1986 dengan keluarnya model 745i untuk Eropa serta Afrika Selatan. Akan tetapi, BMW 7 Series E23 akan tetap diingat sebagai pelopor sedan besar mewah yang juga dilengkapi teknologi canggih. (putri/ymn/Berbagai Sumber/Foto: Youtube.com)

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW 7 Series lainnya

 

Video The first BMW 7 Series E23 | Tahun Produksi: 1977 – 1987

Instagram BMW 7 Series E23

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW E23 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #E23 dan #BMWe23.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: