Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW 7 Series E65: Sedan Penerus Sang Legenda

BMW 7 Series E65

Bimmer.ID — BMW 7 Series E65 adalah sedan dengan empat-pintu. Mobil kelas full-sized luxury ini diproduksi  antara 2001-2008. Mobil ini memikul beban berat untuk mempertahankan reputasi pendahulunya (BMW E 38) yang legendaris.

Diproduksi dalam beberapa tipe, antara lain 735i 3.6 liter V-8 272 HP, 745i 4.8 liter 333 HP. Setahun setelahnya menyusul dengan tipe 760i 6.0 liter 445 HP, sedangkan yang bermesin diesel 730d 3.0 liter 6-cylinder 218 HP dan 740d 3.9 liter 258 HP.

Fitur Terdepan yang Diterapkan

Model ini terdepan dalam teknologi dari kendaraan yang diproduksi BMW kala itu. Hal ini bisa dinilai dari fitur dan perangkat yang dibekalkan padanya, seperti:

  1. Satellite Navigation. Sampai tahun 2003 mengandalkan format CD sebagai data untuk peta. Setelah dilakukan peningkatan, menjadikan mobil ini sebagai BMW pertama yang menggunakan GPS berbasis DVD.
  2. Mobil sedan pertama di dunia yang menggunakan transmisi otomatis enam percepatan.
  3. Mobil pertama di dunia yang menerapkan perangkat “rem tangan elektrik” yang bisa bekerja secara aktif otomatis bila lalu lintas sedang padat atau ketika mesin dimatikan.
  4. Adaptive Headlight akan menyesuaikan arah sorot lampu secara horizontal dengan arah tikungan mobil juga secara vertikal. Model ini standarnya sudah dilengkapi dengan lampu bi-Xenon.
  5. Merambah bagian mesin, penggunaan mesin V-8 tipe N62, berarti model ini adalah yang pertama dilengkapi Valvetronic dan juga “continuously variable-length intake manifold”, dengan ini tercapai peningkatan respons, efisiensi BBM dan tenaga.

Fitur-Fitur Standar

Sedangkan fitur-fitur lain yang tersedia standar pada tipe ini, pada model dasarnya sekalipun adalah:

  1. Sensor parkir depan dan belakang
  2. 8 Speaker Stereo
  3. Glass Sunroof
  4. Driver Memory
  5. Adaptive Cruise Control System; sistem yang akan mempertahankan kecepatan sekaligus jarak dari kendaraan yang ada di depannya, sehingga memberi kesempatan kaki untuk beristirahat dari pedal gas dan rem.
  6. Climate Control; fitur pengaturan suhu, meliputi pendinginan, pemanasan, dan ventilasi udara.

BMW E65

Kontroversi

Selain kontroversi tentang desain eksterior, kontroversi lainnya adalah terkait iDrive. Para pengemudi tentunya akrab dengan tuas di console tengah, sebagai pengaturan transmisi. Baik itu manual atau otomatis. Namun, hal itu tak terjadi pada model ini. Anda hanya akan menemukan sebuah kenop besar. Sedangkan, untuk pengaturan transmisi diringkas dalam sebuah tuas kecil (bukan paddle seperti biasanya) di bawah roda kemudi.

Sistem iDrive yang meliputi suhu ruangan dan ventilasi, segala sistem entertainment, perangkat telekomunikasi (telepon selular), perawatan kendaraan, navigasi, hingga berderet fitur BMW Assist dilakukan lewat kenop besar di console tengah ini.

Pada satu perangkat itulah pengoperasian iDrive berpusat dan ditampilkan lewat layar 8,8 inci di dashboard. Gagasan untuk menyederhanakan pengoperasian dengan membebankan begitu banyak pekerjaan pada satu tombol adalah langkah kontroversial.

Eksterior yang mencitrakan kekar namun lincah, selaras dengan interior dan keleluasaan ruang, data di atas kertas dan uji lapangan adalah pembuktiannya. Bobotnya yang mencapai 2,2 ton terasa ringan berkat mesin, transmisi, dan suspensi yang hebat.

Segala kontroversi dijawab dengan fakta bahwa model BMW 7 Series E65 adalah sedan mewah terlaris sepanjang masa dari BMW. (Gianni/yollis/Berbagai Sumber/Video: Richard S/Foto: CarBase.com)

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW 7 Series lainnya

 

Video BMW 7 Series E65 | Tahun Produksi: 2001 – 2008

Instagram BMW 7 Series E65

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW E65 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #E65 dan #BMWe65.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: